50 Pebisnis Wanita Paling Sukses di Dunia

50 Pebisnis Wanita Paling Sukses di Dunia

Wanita sering diidentikkan dengan kelembutan dan perannya yang berada di balik layar dari pria-pria yang sukses. Namun tidak selamanya wanita berperan di balik layar. Beberapa wanita ini memilih untuk berperan di depan layar dan berusaha memberikan inspirasi bagi setiap orang. Berikut ini merupakan daftar 50 orang wanita yang berhasil memperoleh kesuksesan atas kerja kerasnya.

50. Catherine Cook

Catherine Cook mendirikan situs MyYearbook.com di usia yang masih sangat belia, yakni 15 tahun. Situs ini merupakan situs jejarin sosial yang memiliki anggota sekitar 20 juta orang. Mahasiswi dari Universitas Georgetown sudah sering diliput di berbagai media.

49. Juliette Brindak

Juliette Brindak memulai usahanya ketika masih berusia sangat kecil. Di usia 10 tahun, dia sudah mulai memikirkan usahanya di saat yang lain masih bermain. Nama bisnisnya adalah ‘Miss O and Friend’. Aset perusahaan sekarang mencapai $15 juta dollar. Dia juga sudah menerbitkan buku di usianya yang ke-16 yang terjual mencapai 120.000 eksemplar.

48. Mari Smith

Mari Smith adalah seorang wanita yang mendalami bidang pemasaran di dunia maya. Dia juga seorang konsultan pemasaran. Dia percaya bahwa dalam bisnis kecil atau bagi seorang pemilik bisnis, persaingan itu tidak ada karena pemainnya hanya satu orang yaitu Anda sendiri.

47. Gina Bianchini

Gina Bianchini mendulang kesuksesan karena situs jejaring sosialnya yaitu ning.com. Ning diluncurkan pertama kali di tahun 2005 dan asetnya sudah mencapai $104 juta. Website tersebut masuk ke dalam 100 website global di dunia.

46. Amilya Antonetti

Berawal dari alergi terhadap produk kebersihan yang diderita anaknya, dia kemudian mendapat ide untuk membuat sesuatu. Amilya Antonetti mendirikan Soap Works. Soap Works adalah suatu perusahaan yang memproduksi alat-alat kebersihan berbahan alami. Setelah itu, dia menjual perusahaan tersebut dan beralih bisnis mendirikan Lucky Napkins.

45. Susan Handley

Susan Handley pertama kali mendesaintas buatan tangan di usia 10 tahun. Merek tas nya adalah Beijo Bags. Tas ini sudah menyebar di Amerika Serikat dan Kanada. Dalam setahun, dia berhasil menjual sebanyak $25 juta.

44. Doris Christopher

Bermula dari naluri bisnisnya dan keinginan untuk menjaga makanan tradisi keluarga, dia mendirikan ‘The Pampered Chef’. Perusahaan ini dimulai di pinggiran Chicago di tahun 1980. Selama 20 tahun kemudian, perusahaan ini telah memiliki total kekayaan senilai $700 juta kemudian diakuisisi oleh Berkshire Hathaway pada tahun 2002.

43. Gina Trapani

Sebagai seorang penulis buku, pemilik blog, dan ahli di bidang pemrograman, Gina Trapani kemudian mendirikan Lifehacker.com. Situs tersebut menyajikan tips-tips seputat kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang penulis, tulisannya sudah dimuat di berbagai media seperti majalah Macworld dan Harvard Business Review. Fast Company menyebutnya sebagai Wanita Paling Berpengaruh di Bidag Teknologi pada tahun 2009 dan 2010.

42. Lesley Spencer

Di tahun 1995 setelah kelahiran anak pertamanya, Lesley Spencer mendirikan HBWM (Home-Based Working Moms) asosiasi profesioanl dan komunitas online bagi para orang tua yang bekerja dari rumah. Perusahaan tersebut memiliki 6 website yang akan membantu para orang tua untuk sukses bekerja dari rumah.

41. Lisa Stone

Lisa Stone sukses dengan situsnya yaitu BlogHer.com. Situs ini merupakan komunitas terbesar dari para blogger wanita. Bekerja di bidang pemrograman untuk situs Womwn.com, Lisa mempunyai segudang pengetahuan di dunia internet. Dengan 2300 blog unik, BlogHer meraih 23 juta pengunjung setiap bulannya. BlogHer juga merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia bagi wanita.

40. Nancy J. Price

Di tahun 1999, Nancy mendirikan SheKnows.com, suatu situs yang mempertemukan para wanita yang tertarik di bidang internet, semacam komunitas bagi para pengguna internet wanita. Selain itu, Nancy juga seorang pimpinan redaktur dari empat majalah nasional terkemuka. Dia kini menjabat sebagai editor eksekutif di situs SheKnows.com.

39. Liz McKinley

Liz McKinley mendirikan perusahaan minyak Pinnacle di tahun 1995 setelah bekerja di perusahaan minyak selama beberapa tahun. Kini, perusahaan tersebut berhasil mengumpulkan pendaptan sebesar $130 juta setiap tahunnya. Perusahaan tersebut beroperasi di enam negara sebagai distributor. Karena usahanya tersebut, wanita ini sudah memiliki banyak penghargaan.

38. Penelope Trunk

Penelope Trunk dapat dikatakan sebagai wanita multitalenta. Dia adalah pemain voli pantai profesional, kepala pemasaran Fortune 500, dan pendiri dari tiga situs internet. Usaha terbarunya sekarang yaitu Brazen Careerist adalah situs tentang manajemen karir dan jaringan profesional bagi mereka yang bergerak di bidang tersebut. Karir Penelope sudah sering dimuat di lebih dari 200 surat kabar.

37. Christian Rucker

Di tahun 1994 Christian Rucker mendirikan ‘White Company’. Perusahaan ini bergerak di bidang aksesoris. Setiap tahun, perusahaan ini mencetak delapan brosur yang berbentuk katalog melalui email. Perusahaannya mengalami perkembangan cukup pesat, pelanggannya sudah mencapai 450.000 orang.

36. Paola De Leo

Paola De Leo sukses karena situs Brigthwide.com yang dibangunnya bersama aktor Colin Firth. Situs ini menawarkan hal yang berbeda bagi pembacanya. Misi dari situs ini adalah Melihat, Berpikir, Terhubung, dan Beraksi.

35. Genevieve Thiers

Dia sukses karena situsnya yaitu SitterCity.com. Situs terebut mempertemukan antara penyedia jasa dan pencari jasa. Jasa yang diiklankan bermacam-macam, mulai dari pekerjaan rumah tangga, tutor, dan masih banyak lagi. Perusahaan yang berlokasi Chicago ini menyediakan layanan dari seluruh daerah.

34. Rhonda Byrne

Rhonda Byrne sukses karena buku yang ditulisnya yaitu The Secret. Dia termasuk dalam 100 orang yang membentuk dunia versi majalah Time di tahun 2007. Buku tersebut sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia.

33. Louise Hay

Louise Hay merupakan seorang penulis dan penerbit buku. Perusahaannya bernama Hay House. Perusahaan ini berhasil menjual jutaan buku ke seluruh dunia.

32. Rachael Ray

Rachael Ray dikenal karena keterampilannya di bidang memasak. Melalui salah satu stasiun televisi, dia menunjukkan kemampuannya. Acara tersebut tidak hanya diputar di Amerika Serikat saja tapi juga di berbagai negara. Dia memenangkan penghargaan Emmy Award atas kepiawaiannya ini.

31. Julie Aigner-Clark

Dia mendirikan Baby Einstein di tahun 1998 berawal dari tidak tersedianya video pembelajaran untuk bayi. Ketika itu, dia mencari video pembelajaran untuk putrinya yang masih bayi namun tidak berhasil lalu dia berinisiatif untuk membuatnya sendiri. Setelah mencapai $10 juta, dia menjual perusahaan tersebut pada Walt Disney.

30. Ashley Qualls

Di tahun 2004, di usianya yang saat itu berumur 14 tahun, dia membuat website bernama whateverlife.com yang menyediakn desain MySpace gratis untuk remaja. Website tersebut berhasil mengundang banyak pembaca. Setiap bulannya, website ini dilihat sebanyak 60 juta orang.

29. Caterina Fake

Caterina Fake mendirikan Hunch.com bersama rekannya. Selain itu, dia juga mendirikan Flickr.com bersama rekan yang berbeda. Situs Flickr adalah situs jejarin sosial untuk berbagi foto. Pada tahun 2005, situs ini kemudian dijual kepada Yahoo. Dia termasuk 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2006 versi majalag Time.

28. Lisa Druxman

Berawal dari kebutuhannya untuk tetap bugar setelah melahirkan anak pertama, dia mendirikan Stroller Strides. Dia memulai bisnisnya dari rumahnya di San Diego. Kini perusahaan tersebut sudah berkembang menjadi 300 waralaba di seluruh negeri.

27. Nancy Evans

Nancy Evans mendirikan situs iVillage.com bersama rekannya. Situs tersebut merupakan situs jejaring sosial bagi wanita. Situs tersebut dimulai dari tahun 1995 yang membantu mengatasi masalah wanita sehari-hari. Situs tersebut kemudian diakuisisi oleh NBC Universal di tahun 2006.

26. Nely Galan

Nely Galan meluncurkan perusahaannya di tahun 1994. Tadinya perusahaan ini difokuskan pada masyarakat Amerika Latin. Nely Galan merupakan salah satu produser yang cukup terkenal di Amerika Serikat.

25. Eilleen Gittins

Eilleen Gittins merupakan CEO dari Blurb.com. Perkembangan bisnis ini sungguh cepat. Dalam waktu dua tahun, kekayaan yang tadinya hanya sebesar 1 juta dollar meningkat hingga 30 juta dollar.

24. Carrie Wilkerson

Carrie Wilkerson merupakan pendiri dari Barefoot Marketing Group. Dia dikenal sebagai ‘The Barefoot Executive’. Bisnisnya berkembang cukup cepat.

23. Gabrielle Bernstein

Gabrielle Bernstein dikenal sebagai seorang penulis buku. Misi yang dibawanya adalah merubah pemikiran banyak orang mengenai asal kebahagiaan. Menurutnya, kebahagiaan berasal dari dalam diri sendiri, bukan dari luar. Dia juga menjalankan situs HerFuture.com yang menghubungkan wanita dengan mentor.

22. Ali Brown

Ali Brown keluar dari pekerjaannya di tahun 1998 dan hanya memiliki $20 ketika menulis sebuah e-book. Karena keseriusannya, kini dia dikenal sebagai penulis di bidang penjualan dan pemasaran. Dia juga memiliki majalahnya sendiri, yakni majalah Ali.

21. Loral Langemeier

Setelah memiliki kekayaan bersih sebesar $1 juta, dia mendirikan Live Out Loud, sebuah seminar dan pelatihan yang membantu seseorang meraih sukses. Perusahaan tersebut dimulai dari kantor kecil di tahun 2002. Hanya dalam waktu 5 tahun, perusahaan tersebut tumbuh hingga $19 juta .

20. Daryn Kagan

Setelah bekerja selama 12 tahun di CNN, dia meluncurkan situsnya DarynKagan.com di tahun 2006. Situs tersebut bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi semua orang. Dia kini aktif sebagai aktivis.

19. Sara Blakely

Sara Blakely berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Entrepreneur of The Year di tahun 2002. Bisnis yang membuatnya sukses adalah Spanx. Dia juga mendirikan Yayasan Sara Blakely yang membantu perempuan di seluruh dunia.

18. Paula Deen

Paula Deen adalah seorang penulis buku, koki, dan pebisnis di bidang restoran. Salah satu dari beberapa restorannya mendapat penghargaan International Meal of the Year dari USA Today. Dia sendiri juga berhasil mendapat penghargaan dari Emmy Award.

17. Janet Rickstrew

Di tahun 2000, dia terinspirasi untuk menciptakan peralatan khusus yang sering digunakan bagi perempuan. Dia kemudian membentuk Tomboy Tools. Perusahaan tersebut kini telah berkembang cukup pesat.

16. Elizabeth Cogswell Baskin

Elizabeth Cogswell Baskin mendirikan Tribe, perusahaan yang bergerak di bidang branding dengan klien-klien internasional seperti Coca-Cola dan Porsche. Dia juga telah menulis beberapa buku.

15. Sarah Maria

Pendiri dari Break Free Beauty, Sarah Maria adalah seorang ahli dan pebisnis yang membantu seseorang mencintai dirinya bagaimanapun keadaannya. Dia sudah memberikan konsultasi kepada berbagai kalangan termasuk guru dan fisikawan.

14. Vicki Donlan

Dia memiliki naluri sebagai pebisnis sejak di usianya masih muda. Dia memulai bisnisnya sebagai konsultan diet dan pemasaran. Dia kini sukses dengan bisnisnya.

13. Tamara Monosoff

Tamara Monosoff merupakan CEO dari Mom Inventor yang didirikan bersama rekannya. Perusahaan ini dibangun dengan tiga pilar, produk dengan merk dagang Mom Ivented, komunitas online, dan pendidikan bagi perempuan. Dia sudah mendapat banyak penghargaan seperti Woman Entrepreneur of the Year.

12. Alison Maslan

Alison Maslan adalah seorang penulis buku, konsultan karir, dan pembicara. Dia mendirikan Homeopathic Wellness Center di California dan The Blast Off! Life Coaching Program. Melalui program tersebut, dia telah membantu banyak orang untuk membuat hidupnya lebih bermanfaat.

11. Juliana Rotich

Wanita ini dilahirkan di Kenya, dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Missouri dengan program studi IT. Dia mendirikan website Ushahidi.com yang memanfaatkan internet untuk mencegah kejahatan.

10. Coco Chanel

Nama lengkapnya ialah Gabrielle Bonheur Chanel atau lebih dikenal dengan Coco Chanel. Dia adalah seorang fashion desainer asal Prancis dan pendiri merek Chanel. Dia masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di abad 20 versi majalah Time. Hingga saat ini, merek tersebut masih banyak digandrungi konsumen dan terkenal sebagai merek kelas atas.

9. Maxine Clark

Maxine Clark memulai bisnisnya dengan berinvestasi pada Build-A-Bear di tahun 1997. Hal ini diawali dari perkataan seorang anak bahwa anak tersebut tidak menyukai boneka beruang yang dijual di pasaran. Kini perusahaan tersebut sudah memiliki 400 toko.

8. Diane von Furstenberg

Diane ingin mendirikan bisnis karena ingin mandiri. Dia tidak ingin bergantung pada suaminya meskipun menikah dengan pangeran Jerman. Dia merintis bisnisnya sudah sejak lama. Fashion dari Fushtenberg sangat terkenal pada tahun 1970-an. Hingga saat ini desainnya masih banyak digunakan. Dia masuk dalam daftar 74 Wanita Paling Berpengaruh tahun 2013 versi majalah Forbes.

7. Martha Lane Fox

Martha Lane Fox sukses berkat situsnya, lastminute.com. situs tersebut menjadikannya seorang jutawan. Dia juga mempunyai yayasan untuk membantu mereka yang kesusahan.

6. Indra Nooyi

Indra Nooyi merupakan CEO dari PepsiCo. Dia bergabung dengan perusahaan ini di tahun 1994. Dia mengawali karirnya di suatu perusahaan tekstil di India, bekerja di Johnson to Johnson, Boston Consulting Group, dan Motorola sebelum bergabung dengan Pepsi.

5. Andrea Jung

Andrea Jung sukses dengan bisnis kosmetiknya. Dia menegaskan bahwa pemakaian kosmetik harus berasal dari hati. Dia mendirikan yayasan Avon yang membantu wanita yang terserang kanker payudara.

4. Carol Bartz

Carol Bartz merupakan wanita yang ahli di bidang teknologi bisnis. Dia mengepalai Yahoo sejak tahun 2009. Dia mengawali karirnya di tahun 1992 melalui suatu perusahaan perangkat lunak, Autodesk.

3. JK Rowling
JK Rowling, namanya melejit karena novelnya yang terkenal yakni Harry Potter. Melalui buku tersebut, dia berhasil meraup jutaan dollar. Dia berhasil mendapat banyak penghargaan. Salah satunya adalah 48 Selebriti Paling Berpengaruh versi majalah Forbes.

2. Arianna Huffington
Arianna Huffington adalah wanita keturunan Yunani-Amerika yang aktif di bidang jurnalistik. Melalui websitenya, The Huffington Post, dia berhasil meraih sukses. Dia mendapat penghargaan dari Forbes sebagai Wanita Paling Berpengaruh di Dunia ke-52.

1. Oprah Winfrey

Siapa yang tidak mengenal Oprah Winfrey? Menjadi seorang wanita dan berkulit hitam tidak menyurutkan semangat Oprah untuk terus berkarya. Dia merupakan wanita pertama yang berkulit hitam yang menjadi milyuner. Masa kecil Oprah dulu tergolong memprihatinkan. Dia pernah menjadikan kecoa sebagai hewan peliharaannya dan memakai baju dari karung goni karena neneknya tidak mampu membelikannya baju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*